Pantai Suwuk, Obyek Mancing Lokal Penuh Pesona

Kamis, 06 Oktober 2011


Satu lagi pantai yang memiliki karakter unik di Kabupaten Kebumen  yaitu Pantai Suwuk. Pantai ini terletak di Kecamatan Puring, tepatnya di Desa Tambakmulyo

Nah yang membuat Pantai suwuk berbeda dari pantai-pantai lain yang ada di Kebumen adalah keindahan alamnya dan konsep pengembangan kawasan pariwisata yang lebih baik daripada pantai lain yang ada di Kabupaten Kebumen. Ya, Pantai Suwuk memang terkenal dengan pemandangan dan kondisi alamnya yang indah.







Kondisi Alam

bermain di pantai yang landai dan menghampar luas
Luas Pantai Suwuk kira-kira 3000 m2, membentang dari timur ke barat,  berupa hamparan landai yang sangat luas. Beberapa meter dari pantai yang sangat landai ini terdapat pohon-pohon kelapa yang berjejer rapi sepanjang pantai. Dibagian barat pantai ini, terdapat sebuah muara sungai yang cukup besar, Muara Suangai Banda.





Pemandangan dari pinggir Muara Sungai di Suwuk
Muara sungai ini membatasi wilayah Pantai Suwuk dengan Pantai Karang Bolong. Sungai ini menjadi batas pantai-pantai di bagian baratnya yang cenderung memiliki kontur ekstrim, dengan pantai-pantai di kawasan timurnya yang cenderung landai.






Karang Bolong dari Lepas Pantai
Karena itu, karakter Pantai Suwuk berbeda 180 derajat dengan karakter Pantai Karang Bolong yang berbukit dan berbatu karang.




Beautifull Scenery




Jika kita berada di dekat muara sungai, kita akan disuguhi pemandangan bukit-bukit indah menyerupai pegunungan. Dan jika anda bisa menyempatkan diri bersantai di pinggir sungai ini, anda akan disuguhi pemandangan laut dan pantai yang mempesona, pegunungan yang indah dan pemandangan muara sungai yang khas.




illustrasi penyu bertelur

Saat musim dingin seperti sekarang, di sepanjang bibir pantai yang landai ini kadang kala kita bisa menemui penyu-penyu yang sedang bertelur. Waktu bertelur penyu-penyu tersebut biasanya pada malam hingga pagi hari, antara jam 00.00-05.00.






Ilustrasi telur penyu
Penduduk setempat sering mencari keberadaan penyu-penyu yang bertelur tersebut. Selain untuk dijual dengan harga yang menggiurkan telur penyu juga biasa dijadikan bahan pelengkap racikan jamu.







Menerjang ombak...
Keganasan ombak laut khas pantai selatan dapat benar-benar dinikmati di pantai ini, karena memang tidak ada lagi batu-batu karang yang mencegah deburan ombak menghajar pantai ^_^;







Fasilitas dan pengembangan Objek Wisata

Pantai Suwuk sangat dekat dengan Jalur Selatan Selatan Kebumen(Jalur Alternatif Jogja-Cilacap).  Jika melalui Jalur Selatan Jogja-Cilacap, dari Jogja kearah barat lurus sekitar 125 km. Di kawasan pantai ini sudah tersedia berbagai fasilitas yang diperlukan wisatawan, seperti tempat parkir dan juga warung-warung yang menjajakan berbagai macam makanan.

Kapal di sepanjang aliran Muara Sungai
Untuk menikmati pemandangan dari laut, kita dapat menyewa perahu nelayan yang ada disekitar pantai ini. Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa antara Pantai Suwuk yang landai dengan tetangganya Pantai Karang Bolong. Perahu ini juga bisa mengantar anda menyeberang ke Pantai Karang Bolong.





Selain wisata pantai yang alami, Pemerintah setempat juga membangun beberapa fasilitas lain untuk menunjang pengembangan dan merangsang minat para pengunjung Pantai Suwuk. Pemerintah telah mendirikan sebuah Kebun Binatang di pantai ini.
Salah satu binatang koleksi Kebun Binatang Suwuk

Beberapa jenis burung dan mamalia jinak telah menghuni kebun binatang ini. Walaupun belum selengkap kebun binatang lain, tetapi setidaknya keberadaannya membawa atmosfir yang berbeda di pantai ini. Kebun binatang ini sangat menarik bagi wisatawan yang berkunjung kesini.




Di kawasan pantai ini, kita juga dapat bersantai di bawah rimbunan pohon yang ada disekitar pantai. Kita dapat bersantai sambil memesan makanan dari bahan-bahan alami seperti pecel alias gado-gado, rempeyek dan lain sebagainya, atau menikmati air kelapa segar yang baru saja dipetik, wow kebayang kan segarnya panas-panas di pantai minum air kelapa muda?? Hahahhaha...

Dari samudra
Selain hal itu, kawasan Pantai Suwuk juga dipastikan bakal semakin hijau. Pada awal 22 Januari 2011 kemarin para Taruna AKMIL, Pemerintah bersama masyarakat sekitar pantai ini melakukan perbaikan fasilitas pariwisata dan penanaman puluhan bibit pohon untuk semakin menghijaukan pantai ini dan menarik wisatawan.



Bukan sekedar pemandangan alam saja yang kita dapati dari pantai ini. Bagian muara sungai yang kaya akan ikan juga menjadi lahan bagi para pemancing pemula sampai professional untuk mengadu nasib di pantai ini. Pantai ini menjadi  tempat memancing favorit selain Pantai Logending.

kumpulan pemancing di sepanjang muara sungai
Banyak para pemancing dari luar kota yang singgah dan bahkan mereka rela menginap untuk menyalurkan hobby mereka,walaupun kadang ngga dapat ikan sama sekali mereka membeli hanya untuk di bawa pulang.







Memancing di Muara Sungai
Tapi jika, beruntung, di Pantai Suwuk ini, anda akan mendapatkan ikan dengan ukuran jumbo. Bahkan sering kali pemancing mendapatkan ikan jenis Red Bass, GT, Tenggiri, Baracuda, Kakap Merah, dan Kerapu (niy yang bilang, Mancing Mania Suwuk. Ane kagak pernah Mancing Gan :)

Pantai yang landai dan memberikan ketenangan

Hari minggu dan hari libur biasanya menjadikan pantai ini ramai oleh kunjungan  para wisatawan. Kebanyakan mereka datang sambil membawa alat pancing, ada pula yang sekedar berjalan-jalan menikmati indahnya pantai, atau pasangan muda mudi kasmaran yang ingin menikmati romantisme pantai ini.








LOCATION MAP

Lihat Peta Lebih Besar

Galleri












Source :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Search

Memuat...

IKLAN

CLOCK

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

PLEASE TRANSLATE HERE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : AFC

VISITOR

VISITOR FLAG

free counters

Total Tayangan Laman

© 2010 AFRI COLLECTION Blog Pemancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls