Sabtu, 27 November 2010

Cara Memancing udang di perairan tawar dan pantai

Memancing udang di perairan tawar

udang galah
udang galah
Memancing udang di air tawar sebenarnya bukanlah benar – benar aktifitas memancing tetapi lebih sebagai memasang perangkap yang ditaruh di dalam kedalaman air. Di perairan tawar menangkap udang populer sebagai tambahan penghasilan para nelayan. Cara yang digunakan cukup unik yakni dengan menaruh perangkap udang yang berbentuk kantung besar yang terbuat dari kain goni. Bentuk perangkap ini memiliki penutup yang memiliki celah kecil sebagai jalan masuknya udang.
Perangkap udang yang sudah disiapkan berpuluh – puluh jumlahnya di beri makanan didalamnya yang berupa pelet yang dicampur dengan pur dan jagung. Makanan diberi sebanyak segenggam per perangkap. Perangkap udang yang sudah diberi tali dan pelampung di tenggelamkan didasar danau atau waduk. Dengan adanya perangkap dari kain goni udang dapat merayap di dinding perangkap dan masuk kedalamnya. Perangkap udang tersebut dapat diambil selama sehari sekali terutama pada pagi hari.
Udang air tawar yang ditangkap biasanya ada banyak dan kecil – kecil karena memang udang ini adalah udang sungai yang hidup di dasar perairan waduk. Hasil yang didapatkan oleh nelayan ini selain dijual kepada pedagang ikan biasanya dijual juga kepada para pemancing yang mencari tambahan umpan untuk memancing ikan mujair atau nila.

Cara memancing udang di laut

Cara memancing udang di laut di daerah barat adalah dengan menggunakan jaring yang lubangnya lembut. Cara untuk mengumpulkan udang pertama kali adalah dengan menancapkan tiang sebagai tanda lokasi yang akan dilemparkan jaringnya dan kemudian umpan dilemparkan ke dekat tiang tersebut. Setelah umpan didiamkan selama beberapa menit dan udang sudah berkumpul makan jaringnya di tebarkan di dekat tiang tersebut.
Untuk pemancingan komersial penangkapan udang ini terkadang menggunakan jaring yang cukup besar yang bisa menjangkau area yang luas dan bisa meraih hasil yang melimpah. Pemasangan jaring yang ditarik oleh mesin kapal ini sekarang sudah dilarang karena dapat merusak ekosistem karena kemungkinan rusaknya karang akibat terkena jaring yang kuat. Penangkapan udang di laut yang berlebihan bisa dengan cepat merusak ekosistem karena udang merupakan makanan pokok berbagai macam ikan laut seperti ikan – ikan karang dan berbagai macam ikan predator. Rantai makanan menempatkan udang sebagai komponen makanan pokok di perairan laut. Dan jika terjadi penangkapan yang berlebihan rantai makanan ini bisa putus dan berpengaruh pada kelangsungan rantai makanan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Search

IKLAN

CLOCK

MY GLOBE

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Blog Archive

PLEASE TRANSLATE HERE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : AFC

VISITOR

VISITOR FLAG

free counters

Total Tayangan Halaman

© 2010 AFRI COLLECTION Blog Pemancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls