Umpan Putih Untuk Lomba Ikan Mas

Kamis, 25 November 2010





Bagi para mania yang gemar menggunakan umpan putih sebagai andalan dalam memburu target ikan mas saat lomba dan ingin merasakan sajian umpan putih baru yang akan dipergunakan, berikut ini Mancing Mania (MM) mencoba memberikan varian umpan putih yang bisa diandalkan saat para mania mengikuti lomba mancing ikan mas.
Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah :
1.   2 bungkus paikin biru (kemasan berlabel warna biru)
2.   4 butir telur negeri
3.   1 saset susu dancaw putih
4.   2 sendok makan susu ultra putih (cair)
5.   Terigu 1 sendok makan
6.   Kroto 2 ons
7.   Keju kraft 1/4 potong
8.   Ikan mujair ukuran sedang 4 ekor
9.   Indomie goreng (diblander buat pengeras)
10. Alumunium foil
11. Plastik kiloan

Cara membuatnya :
Ikan mujair di kukus selama 15 menit lalu angkat dan dinginkan, kalau sudah dingin ambil dagingnya saja. Siapkan baskom dan masukan 2 bungkus paikin dengan dicampur 4 butir telur (ambil kuningnya saja) aduk hingga rata.
Setelah itu, tungkan susu dancaw secara perlahan ke dalam adonan sambil diaduk-aduk, jangan semuanya cukup 1/2 bungkus saja. Tambahkan kembali 2 sendok makan susu ultra lalu aduk kembali hingga  rata, setelah itu campurkan 1 sendok terigu sambil sedikit demi sedikit dan sambil aduk perlahan hingga merata.
Langkah selanjutnya adalah parut 1/4 keju kraft kedalam adonan lalu aduk kembali. Untuk kroto, rebus terlebih dahulu atau seduh dengan air panas lalu campurkan kedalam adonan umpan dan aduk kembali hingga benar-benar rata.
Terakhir, ambil alumunium foil lalu masukan umpan tersebut di atasnya lalu bungkus hingga rapat dan masukan adonan yang telah terbungkus oleh alumunium foil  kedalam kantong plastik kiloan. Kukus umpan tersebut selama 1 jam, umpan siap dipergunakan. Selamat mencoba. ndi
 
Umpan Murah Meriah Plampung Mas
Umpan
Written by akto widianto   
Thursday, 20 May 2010 12:15
Menggunakan atau memakai umpan murah meriah bukan berarti hasil yang diperoleh sangat sedikit atau umpan murah meriah tidak bisa diandalkan untuk mendapatkan ikan induk saat mengikuti lomba.
Pemikiran demikian sebenarnya sangat keliru karena belum tentu umpan yang dibuat dengan dibeli secara murah meriah tidak bisa diandalkan. Baru-baru ini Mancing Mania (MM) memperoleh informasi bahwa umpan Wayang mengeluarkan varian umpan terbaru. Berangkat dari informasi tersebut MM mencoba meluncur ke Kalideres, Jakarta Barat, ke tempat produksi pelet wayang ternyata hal tersebut dibenarkan oleh Mulyadi selaku pemilik dari umpan merek UD. Wayang Sakti.
Kedatangan MM ternyata mendapatkan hasil dengan diperolehnya pernyataan bahwa UD. Wayang Sakti kini mengeluarkan umpan putih, hal ini untuk melengkapi pelet wayang yang telah beredar dikalangan para mania. Umpan putih Wayang yang asli dalam kemasanya terdapat nomer registrsi atau R.
Informasi tidak sebatas itu saja yang diperoleh MM, sebagai pemancing dan tangan kanan pemilik, Jalu, bersedia berbagi penggunaan serta campuran untuk dipadukan dalam umpan putih wayang ini. Proses uji coba umpan putih ini sudah berjalan selama satu bulan dan hasilnya cukup bagus dengan banyaknya permintaan dari pasar.

Adapun bahan-bahan untuk membuat umpan murah meriah ini adalah :
1.    ½ bungkus pelet wayang
2.    ½ bungkus umpan putih wayang
3.    ½ kaleng sarden (dagingnya saja tanpa saosnya)

Cara membuatnya :
Langkah pertama adalah pisahkan daging sarden dari saos setelah haluskan hingga lembut. Lali tuang dalam baskom dan campurkan dengan umpan putih wayang, aduk hingga benar-benar rata. Setelah rata masukan pelet wayang kedalam adonan, fungsi pelet wayang ini sebagai pengeras.
Komposisi umpan ini digunakan untuk mengikuti lomba yang digelar selama tiga jam saja atau yang lebih dikenal dengan semi galatama. Jika mengikuti lomba plampung dari pagi hingga sore hari bahan umpan putih wayang yang digunakan sebanyak satu bungkus, sarden satu kaleng dan pelet wayang tetap ½ bungkus. Cara pembuatannya tetap sama dan bisa ditambahkan denga kroto bila diperbolehkan pihak pemancingan. Selamat mencoba. ndi
 
Umpan Amis
Umpan
Written by akto widianto   
Wednesday, 03 March 2010 15:00
Apa jadinya apabila para mania melupakan umpan saat memancing ? Jawabnya adalah resah dan merasa ada yang kurang pada saat mancing dan begitu pula apabila para mania yang biasa meracik umpan hasil buatan sendiri, pastinya akan sedikit merasa tidak puas pada saat mancing. Apalagi kalau hasil tangkapan saat mancing hasilnya sedikit pastinya merasa kecewa atau bagi para mania yang hobi mengikuti lomba mancing pastinya sangat tidak melupakan pada umpan jitu hasil racikan sendiri, karena apabila juara pada saat juara akan menimbulkan kebanggan sendiri kepada hasil racikan umpan yang dibuatnya.
Pada Edisi kali ini Mancing Mania (MM) mencoba untuk menghadirkan umpan amis hasil kreasi dari Om Gentur (Bekaci). Menurut Gentur, umpan ini bisa digunakan juga untuk air yang berwarna hijau pekat dan coklat. Sedangkan apabila air kolam berwarna hijau bening maka tinggal menambahkan daun pandan saja.
Berikut Bahan-bahannya :
1.   Telor 1/2 kg ( ambil putih telornya aja )
2.   Keju kraft 1/4 batang
3.   Wisman 1/2 sedok teh
4.   Biang Susu 1/2 sedok teh
5.   Kakap merah fillet beli 1 buah saja ukuran 1 ons ambil 1/2 aja dagingnya ( lalu blender hingga halus)
6.   Dancow Madu 1+ 3 sdm peres
7.   Dancow biasa 1 sachet
8.   Udang jerbung ( ambil 5 ekor bersihin kulitnya lalu blender hingga halus )
9.   Kroto 1/2 kg
10. Indomie Goreng ( di blender hingga halus di pakai sebagai pengeras )
11. Biang Susu seujung sendok teh
Cara membuat :
Masukkan semua bahan di atas kecuali, Kroto, Indomie dan Biang Susu ke dalam blender. Blender hingga mengembang setelah itu tambahkan kroto lalu aduk perlahan hingga rata. Masukkan adonan dan kroto ke dalam plastik lalu kukus selama 30 menit yang setiap 15 menit di bolak balik.setelah matang dinginkan sebentar lalu taruh di bungkus dengan koran, ganti koran jika basah hingga korannya tidak basah lagi baru setelah itu aduk umpan hingga rata tambahkan indomie sebagai pengeras hingga umpan jadi. Terakhir tambahkan seujung sedok teh Biang Susu ke dalam umpan lalu aduk rata, umpan siap di pakai. *ndi

 
Umpan Udang
Umpan
Written by Omar Buckree   
Monday, 15 February 2010 10:45
Untuk kalangan mania mancing darat, keberadaan umpan udang rasanya masih asing sebab udang selama ini identik dengan kegiatan mancing laut, dimana udang biasanya digunakan sebagai umpan ketika mania mancing melakukan teknik mancing dasar di lautan.
udang4.jpe

Namun tidak ada salahnya jika udang digunakan juga untuk umpan mancing darat, karena aroma yang ditimbulkan dari daging udang ini cukup mengundang selera berbagai jenis ikan air tawar.
Udang yang dipakai untuk mancing di kolam adalah jenis udang galah.

Berikut adalah cara pembuatan umpan dengan menggunakan udang.
Bahan-bahan:
  • Siapkan udang sebanyak 5 kg
  • Daun pandan 2 helai
  • Sagu 5 sdm
  • Pellet 2 kg
  • Tuna oil
Cara Pengolahan:
  1. Buang bagian kepala udang
  2. Rebus udang yang telah dibersihkan dengan mencampurkan daun pandan selama proses perebusan
  3. Setelah matang, ditandai dengan warna udang yang kemerahan, tiriskan udang tersebut sampai kering.
  4. Lalu tumbuk daging udang sampai halus (Usahakan agar tetap sedikit kasar)
  5. Berikutnya air bekas rebusan udang dipanaskan kembali dan digunakan untuk merebus sagu.
  6. Saat sagu mulai meleleh, masukan tumbukan udang ke dalamnya dan aduk hingga merata.
  7. Pada saat akan digunakan, teteskan tuna oil secukupnya dan tambahkan pellet jika untuk membuat umpan lebih kenyal.
Selamat mencoba! Den

 
Umpan Jitu Ekonomis & Praktis II
Umpan
Written by masboy   
Tuesday, 21 July 2009 14:29
Umpan jitu Ekonomis dan Praktis II ini merupakan lanjutan dari umpan jitu sebelumnya yaitu pada edisi 129. Umpan Ekonomis dan praktis bisa dijadikan pilihan oleh para mania dari meracik umpan, umpan jiu ini diperuntukan untuk ikan mas.
Selasa (23/6) saat Mancing Mania (MM) menguji coba umpan ekonomis dan praktis II di Telaga ISTN. Tiba di Telaga ISTN, MM langsung menghampiri pemilik dari Telaga ISTN yaitu Rahmat Fingking. Obrolan hangat mewarnai jalannya tes umpan ekonomis dan praktis II ini, Finkking mempersilakan MM untuk menguji umpan pada kolam kiloan miliknya.
Mulai tes umpan pada pukul 14.00, MM mempersiapkan umpan hasil racikan bersama piranti pancingnya. Umpan baru dilontar ikan sudah mulai menyambar, strike ikan dengan bobot 1 kg berhasil terangkat.
Hingga pukul 15.10 menit, saking banyaknya ikan yang diperoleh MM memutuskan untuk menyudahi tes umpan ekonomis da praktis. Dengan hasil peroleh selama mancing tes umpan MM berhasil memperoleh ikan sebanyak 15 ekor dengann total timbangan mencampai 8 kg.
Jika dengan umpan ekonomis dan praktis dapat memperoleh ikan yang demikian banyak kenapa harus mambuat atau meracik umpan dengan harga yang mahal. Sebenarnya umpan juga merupakan selera dari para mania dalam membuatnya, tidak ada ketentuan baku atau melanggar hokum karena mancing sendari merupakan hal yang menyenangkan apalagi jika para mania dapat meracik umpan sendiri.

Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat umpan jitu ekonomis dan praktis II :


1. Pelet Jitu 2 Bungkus
2. Sarden Pacific Queen 1 Kaleng
3. Telur
1 Butir
4. Umpan Swim Fish “Wangi” 1 Bungkus
5. Keroto 
2 ons


Cara Membuatnya :
Persiapkan wadah plastik lalu tuangkan pelet jitu dan umpan swim fish “wangi” aduk dahulu hingga rata lalu masukan telur dan aduk kembali hingga tercampur secara merata. Setelah benar-benar merata tuangkan sarden pacific queen, cara menuangnya adalah masukan terlebih dahulu ikan-ikan sarden lalu air/oil sarden hanya dituang setengahnya saja. Aduk-aduk kembali hingga rata, setelah rata adonan umpan dimasukan kedalam wadah plastik kiloaan untuk dikukus selama kurang lebih 3-5 menit.
Umpan ekonomis dan praktis II siap dipergunakan, langkah terakhir adalah bagi yang suka menggunkan keroto umpan ini juga dapat menggunkan keroto atau tanpa keroto. Selamat mencoba, salam strike.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Search

Memuat...

IKLAN

CLOCK

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Blog Archive

PLEASE TRANSLATE HERE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : AFC

VISITOR

VISITOR FLAG

free counters

Total Tayangan Laman

© 2010 AFRI COLLECTION Blog Pemancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls