Sabtu, 27 November 2010

Mendesain kolam hias koi di halaman

Untuk membangun kolam koi dibutuhkan dana yang tidak sedikit, pengaturan yang baik akan memberikan hasil yang baik pada masa mendatang. Desain dan konsep yang baik tak pernah lepas dari sisi estetika dan keindahan taman sekaligus memperhatikan konsep kolam yang sehat seperti system filtrasi , system pembuangan air, kelengkapan kolam modern seperti thermometer, system penyaringan air dan lain – lain.
kolam ikan koi
kolam ikan koi
Apa yang harus diperhatikan dalam membuat taman untuk kolam hias koi ?
-         Desain : desain kolam koi harus memiliki persyaratan yang dibutuhkan bagi kehidupan ikan itu sendiri. Lokasi terbaik adalah taman dengan luas yang cukup lebar, sehingga dapat menampung sejumlah ikan, sekaligus dapat dibuat tempat yang cukup untuk menanam tanaman – tanaman peneduh serta hiasan taman yang serasi. Desain kolam hias koi harus memiliki persyaratan tanah yang luas mengingat ikan koi dapat tumbuh berkembang sampai 70 cm per ekornya, sehingga membutuhkan  tempat yang cukup lebar. Tanaman yang akan ditanampun harus dipilih yang tepat misalnya yang daunnya tidak mudah rontok dan mengotori kolam. Jenis – jenis tanaman tertentu dilarang ditanam di samping kolam, seperti cemara dan willow karena beracun.
-         Tempat : tempat yang baik untuk membuat kolam koi adalah yang cukup menerima sinar matahari sepanjang tahun. Jauhkan kolam ikan koi dengan bangunan yang menyebabkan kolam dalam keadaan terhalang dari sinar matahari. Sinar matahari yang menyinari sepanjang tahun akan membantu pertumbuhan koi secara maksimal sekaligus menjaga air cukup hangat sehingga parasit air juga tidak mudah berkembang. Sinar matahari yang terlalu panas juga dikuatirkan membuat suburnya pertumbuhan ganggang air, sehingga air mudah menjadi hijau dan kotor. Pembuatan kolam koi juga harus memperhatikan pantulan sinar matahari, jika anda menaruhnya memantul langsung dengan matahari maka saat anda akan melihat ikan tersebut pandangan akan terhalang karena pantulan sinar matahari, dan kenyamanan anda saat melihat ikan koi akan sedikit terhalang.
-         Suply air : sebagai komponen  utama kolam, pengaturan air yang baik adalah mutlak, air untuk mengisi kolam koi harus diambil dari sumber air yang jernih, atau jika memang lokasi anda tidak memungkinkan mendapatkan air dengan kualitas bersih, air tersebut harus anda murnikan dengan mengalirkannya pada filter, yang sekarang sudah tersedia sehingga sejumlah besar zat kimia dalam air dapat anda buang. Zat aditif air seperti klorin, dan kloramin, juga mineral – mineral yang terkandung di air, yang berlebih dapat dimurnikan dengan filter air.
-         Saluran pembuangan, saluran kabel listrik dan pipa air. Saluran ini mutlak perlu dibuatkan pipa khusus sehingga selain tidak sampai menggangu keindahan taman, juga menghindarkan ikan dari bahaya, misalnya karena kabel kistrik untuk penerangan lampu. Harus ditata sedemikian rupa sehingga kolam koi semakin indah namun juga aman bagi ikan koi.
dapatkan juga informasi tentang :
- Hobby memancing
- Aneka Umpan Pancing

Pakan ikan koi

Ikan koi merupakan jenis ikan karper, ikan ini terkenal dengan pola makannya yang luar biasa dan ia termasuk ikan omnivore atau pemakan segala, makanan ikan koi di alam liar adalah daun daunaa, serangga, cacing dan ganggang air. Meski demikian ia biasa makan apa saja yang bisa dimakan, seperti pucuk daun, atau berburu cacing di dasar sungai. Maka inilah guna dari sungut yang ada pada mulut ikan.
Pakan ikan koi
Pakan ikan koi
Namun jika anda memelihara ikan koi di kolam buatan pemberian makanan seperti makanan aslinya tentu kurang baik, selain kurang praktis, pasokan protein yang didapat juga tidak bisa diukur. Sebaiknya anda menggunakan umpan buatan yakni pellet. Bentuk pellet yang butiran dan batang merupakan pilihan yang tepat untuk ikan koi. Anda harus memilih bentuk yang sesuai dengan lebar mulutnya.
Pemberian pellet akan membantu pengaturan asupan protein yang tepat untuk ikan anda. Pellet trbuat dari bahan – bahan alami yang komposisinya sudah desesuaikan dengan kebutuhan ikan. Pellet dengan warna coklat terang memiliki kandungan protein lebih sedikit dibandingkan dengan warna coklat tua.
Sebaiknya anda memberikan pellet coklat tua pada kondisi panas, karena ikan membutuhkan lebih banyak gerak dan energi karena suhu air yang hangat disukai ikan, pada saat – saat ini pertumbuhan tubuh ikan akan terjadi Karena metabolisme yang lebih aktif sekaligus ikan mengumpulkan cadangan energi untuk ditimbun di bawah kulit pada saat menghadapi musim dingin. Pada suhu air yang dingin metabolisme ikan akan berkurang dan tidak aktif, ikan lebih suka berdiam dan kurang banyak beraktifitas sehingga anda bisa memberikan makanan pellet yang berwarna coklat muda.
Menurut pengalaman dan penelitian bertahun – tahun, ditemukanlan bahan – bahan aktif yang dapat ditambahkan untuk membuat warna koi lebih cemerlang. Koi yang dipelihara di kolam Lumpur ternyata memiliki kualitas warna yang lebih cemerlang dibandingkan dengan yang dipelihara di kolam tembok. Ternyata ikan loi tersebut banyak menyantap ganggang yang memang  tumbuh di Lumpur. Ganggang yang dimakan koi mengandung banyak zat karoten. Maka kalau anda ingin menambah warna ikan lebih cemerlang beri makan “krill”, paprika, dan daun marigold, semuanya dapat anda campurkan dalam makanannya. Banyak makanan sumber karoten ini sudah dalam bentuk extract sehingga mudah dicampurkan dengan pellet atau roti.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Search

Memuat...

IKLAN

CLOCK

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Blog Archive

PLEASE TRANSLATE HERE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : AFC

VISITOR

VISITOR FLAG

free counters

Total Tayangan Laman

© 2010 AFRI COLLECTION Blog Pemancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls