Kail Jangkar Gawang untuk Mancing Lele

Rabu, 23 Maret 2011
foto3T_T169.JPG

Di pemancingan Syafana dikawasan Pondok Pinang Jakarta Selatan, para pemancing ikan bawal dan lele ini memiliki keunikan saat mancing. Uniknya itu terletak pada kail yang digunakan. Pemancing disini lebih dominan memakai kail jangkar dengan yang dipasang disenar atau benang berbentuk gawang.
Kail jangkar ini bisa ditemukan ditoko-toko pancing yang menjual kail seperti ini. Menurut beberapa pemancing, kail jangkar ini sangat efektif untuk mancing ikan lele atau ikan bawal. Kelebihan dari kail ini bisa digunakan untuk menggaet ikan lele.
Seperti kita ketahui, ikan lele lebih banyak bermain dibawah air atau bahkan didasar kolam. Ikan lele ini juga sedikit sulit saat dipancing. Dengan menggunakan umpan seperti jangkrik atau sebagainya, pemancing juga butuh kecerdikan untuk menggaet ikan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan memakai kail jangkar.
foto1_T_T169.JPG
Ukuran kail berbagai macam ukuran. Soal ini tentu disesuaikan dengan nomor mata kail yang pas. Di pemancingan Syafana, hamper semua pemancing menggunakan kail jangkar ini. Selain itu yang menarik lagi, kail tersebut dipasang didua senar atau benang yang menyerupai gawang. Barangkali karena itulah pemancing disini menyebutnya kail gawang.
Pembuatan kail gawang ini sangat mudah. Cara pembuatannya dimulai dari pemasangan kail jangkar di senar atau benang. Selanjutnya bagian atas senar diikatkan ke kawat atau sejenisnya. Setelah itu bagian tengah kawat diberi semacam kili-kili yang berfungsi untuk dipasang di joran.   
Selain senar bisa juga menggunakan nekline. Ukurannya bisa sampai setengah meter. Sedangkan kawat panjangnya sekitar 10 cm sampai 15 cm. Bagian tengah kawat diberi semacam kili-kili untuk dikaitkan di joran.

Selanjutnya gawang yang sudah terpasang dua mata kail jangkar tersebut tinggal dipasang di senar seperti umumnya kita memasang kail saat mancing. Cara penggunaan pun tidak merepotkan. Setelah terpasang, pemancing tinggal memasang umpan dimata kail. Selanjutnya dilemparkan ketengah kolam tanpa harus khawatir lepas. Disini tentu perlu keseimbangan antara kanan dan kiri senar yang dipasang di gawang.
Kalau beruntung ikan lele bisa menyangkut di dua mata kail sekaligus alias dapat gentak ganda. Menurut pemilik kolam Syafana Jamal, kelebihan mancing dengan kail jangkar gawang ini memudahkan pemancing untuk mendapatkan ikan lele atau ikan bawal. Apalagi kail ini sangat efektif untuk menggaet ikan lele.  Kalau Anda penasaran bisa mencobanya sendiri. jajat

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Search

Memuat...

IKLAN

CLOCK

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

PLEASE TRANSLATE HERE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : AFC

VISITOR

VISITOR FLAG

free counters

Total Tayangan Laman

© 2010 AFRI COLLECTION Blog Pemancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls