Pengalaman Memancing di Waduk Ber-enceng gondok

Senin, 28 Maret 2011

Hari itu hari minggu, Pagi itu kami  ber lima memutuskan untuk memancing di waduk Selorejo Ngantang Malang setelah kami rapatkan dengan semua teman – teman..( ceile.. ). Dengan semangat 45 kami mengepak peralatan pancing yang sudah kami siapkan sehari sebelumnya. Kami buat rangkaian 3 – 4 mata pancing yang kami buat khusus untuk memancing dengan umpan alami lumut. 3 batang joran stik 3,6 M Maguro sudah kami siapkan termasuk dengan senar sepanjang jorannya supaya memudahkan  kami saat memancing. Setelah semuanya siap, jam 5 pagi kami berangkat. Jarak kota Malang ke Selorejo kurang lebih 1,5 jam..dengan tak menghiraukan dinginnya pagi kami berangkat.
Sesampainya di Pujon kami berhenti sejenak untuk membeli lumut, kami membelinya sejumlah 5000 rupiah, cukup untuk persediaan sampai sore. Sekaligus membeli nasi bungkus untuk bekal di pinggir danau nanti. Setelah Semua siap untuk memancing hari ini kami langsung cabut ke tujuan. Sesampainya di Ngantang masih cukup pagi sekitar jam 7. sudah ada beberapa pemancing lain yang mengambil “hot spot”  di sana…kami mencari tempat yang tidak banyak ombaknya…bagi kami riak air di danau kami sebut ombak. Kami mencari yang tidak banyak gerakan airnya…sehingga pandangan bisa lebih fokus ke pelampung. Ternyata tempat favorit kami sudah ditempati orang…ahh sedihnya. Salah satu teman kami namanya toyik dia menyarankan untuk memancing di tengah – tengah enceng gondok…wah…ternyata idenya cukup brilian hari itu..mancing waduk
Tumpukan enceng gondok kami bersihkan hari itu kami buat lubang di tengah – tengahnya dan kemudian mulailah kami memancing. Memang kami mendapatkan lumayan banyak..tapi hari itu kami tidak mendapatkan ikan yang cukup besar, kebanyakan ikan yang kami dapatkan masih kecil, namun lumayanlah untuk menyenangkan hati pemancing – pemancing lokal ini. He3…
Tips Memancing di Enceng Gondok
Berakit – rakit dahulu bersenang senang kemudian mungkin tepat diungkapkan untuk cara memancing yang satu ini. Bersakit sakit artinya anda harus membersihkan tumpukan enceng gondok yang lumayan lebat untuk mendapatkan sedikit ruang di sana, banyak cara di lakukan memakai bamboo panjang adalah salah satunya dengan mendorong enceng gondok ke sisi – sisi lain, Kalau tidak dalam airnnya,  bahkan teman kami pun harus nyemplung atau turun ke air untuk membersihkannya dulu, dan memasang kayu atau bamboo untuk penahan supaya enceng gondok tidak sampai bergeser kembali ke tempat semula karena terkena angin.
Bersenang senang kemudian karena lokasi memancing di tengah enceng gondok memang relatif sepi ombak, airnya tenang tidak terlalu bergoyang sehingga jika umpan terkena oleh ikan pelampung akan kelihatan sekali pergerakannya, bandingkan dengan memancing di danau yang selalu bergerak airnya..tentunya akan lebih sulit to? Yang kedua adalah banyaknya ikan, enceng gondok dipakai oleh ikan ikan besar, atau indukan untuk meletakkan telur dan menjaga anaknya jika sudah menetas. Enceng gondok adalah habitat yang tepat bagi ikan untuk berlindung. Dan  anggaplah itu adalah rumahnya ikan, Kita memancing pas di rumahnya. jadi kemungkinan kita akan mendapatkan ikan yang ukurannya besar disana, siapa tahu…
Meski memancing di danau ber -enceng gondok menyenangkan, kesulitannya pun juga banyak. Yang paling umum adalah mata kail kita tersangkut ke tumpukan tanaman itu, wah berabe,… mau ditarik langsung takut putus talinya, mau diipinggirkan juga sulit nah gimana dong? Kami akhirnya membuat cara yang ampuh…jangkar…ya, kami membuat jangkar seperti garukan tanah, yang kami hubungkan dengan tali dari tampar. Dengan kekuatan jangkar tersebut maka tumpukan enceng gondoknya kami langsung tarik ke pinggir aja, dan kami ambil pancingnya. Tapi secara keseluruhan memancing di enceng gondok memang menyenangkan. Mau?…