MEGABASS XPOD

Kamis, 31 Maret 2011
Kali ini Mancing Gembira akan membahas sedikit mengenai lure top-water yang cukup unik yang diproduksi oleh Megabass, produsen alat pancing dari Jepang. Lure ini diberi nama Megabass Xpod oleh Yuki Ito, designernya. Keunikan lure ini berada pada rahang bawahnya yang dapat diatur posisinya sehingga berfungsi seperti lip ketika diklik ke bawah.

Disain Xpod
Dengan berbagai posisi berbeda, lure ini menghasilkan action yang berbeda pula sehingga cocok bagi pemancing untuk memancing pada berbagai kondisi dan situasi. Bayangkan saja mempunya 1 lure dengan 6 action + 1 secret action untuk berbagai kondisi. Berikut ini action yang bisa dihasilkan oleh lure ini:
  1. Posisi 1: Pencil Bait (roll walker mode)
  2. Posisi 2: Pencil Popper
  3. Posisi 3: Active Popper
  4. Posisi 4: Diving Popper / Splash Mode
  5. Posisi 5: Sama dengan posisi #4 tapi dive lebih dalam dan lebih banyak cipratan
  6. Posisi 6: Darting Swimbait Mode
  7. Secret Position: More Active Swimbait Mode & Pivot/Turn walking action
Megabass Xpod - Wagin Ayu
Selain inovasi pada rahang atau lip, lure buatan Megabass ini didisain sangat mirip ikan. Dilihat dari corak sisik, pewarnaan dan detailnya, lure ini bisa dikatakan didisain dengan sentuhan seni dan teknologi yang tinggi. Seperti pada lure top water lainnya, rongga dalam tubuh lure ini diisi beberapa bola besi kecil yang tujuannya menghasilkan bunyi ketika bergerak yang akan menggoda rasa penasaran ikan-ikan predator. Dua terble hook yang digunakan juga merupakan treble hook dengan kualitas dan ketajaman tinggi. Pada mata Xpod terdapat tulisan kanji yang sangat kecil namun masih bisa terbaca.

Pilihan Warna, Ukuran, & Harga Xpod
Saat ini dipasaran ada 11 pilihan warna bagi pemancing yang ingin mencoba atau mengkoleksi lure Megabass X-pod ini, antara lain: GW Dorado, GW Fire, GW Stardust Shad OB, HT Hakone Wakasagi, Matte Tiger, PM bass, Wagin Ayu, Wagin Hasu, Wagin Higai, Wagin Oikawa, serta Wagin Ugui. Sayangnya produsennya hanya memproduksi lure ini satu ukuran saja, yaitu 4.55" dengan berat 3/4 oz. Harga retail sekitar $29.99 di Amerika.

Kesimpulan
Lure ini merupakan inovasi teknologi dan seni yang mampu menghasilkan bentuk yang nyaris sama dengan ikan hidup dan mampu menghasilkan 6 action berbeda + 1 secret ation untuk berbagai situasi mancing. Harga yang lumayan tinggi pada dasarnya jika dilihat dari action yang kita dapat masih tergolong murah dibanding membeli 6 atau 7 lure untuk tiap action.
Sayangnya ukuran yang ditawarkan hanya satu saja. Untuk mendapatkan lure ini didalam negeri terbilang cukup sulit. Penulis kebetulan berkesempatan membeli lure ini dari seorang teman yang mengimport langsung dari Jepang dan dijual terbatas.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Search

Memuat...

IKLAN

CLOCK

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

PLEASE TRANSLATE HERE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : AFC

VISITOR

VISITOR FLAG

free counters

Total Tayangan Laman

© 2010 AFRI COLLECTION Blog Pemancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls