Lure Kasting Merk Megabass Type-X

Minggu, 06 Maret 2011

PDF Print E-mail
Image
Megabass Griffon Zero CrankBait

Megabass tidak hanya mahir dalam membuat joran, produsen tackle kelas dunia ini juga sangat hebat dalam mendesain lure mancing. Para jagoan turnamen mancing di Jepang dan Amerika selalu menjadikan lure Megabass sebagai salah satu umpan buatan yang harus selalu ada di tackle box mereka.
Pada edisi Majalah Mancing yang lalu kami telah menghadirkan ulasan tentang joran seri Destroyer dari Megabass, kali ini di MancingOnline.Com kami hadirkan produk terbaik lainnya dari produsen tackle kesohor ini yakni umpan buatan (artificial lures) untuk aplikasi mancing kasting dengan piranti kecil antara kelas 8, 12 dan 14 lbs.
Megabass Type-X Frog Topwater Finesse Bait
Image
Megabass Pop-X Topwater Popper dan Splasher
Pertama yang patut mendapat perhatian kita adalah “kodok” menawan yang diberi nama Frog Topwater Finesse Bait. Lure sepanjang 59 mm atau 2.3 inchi ini memiliki berat sekitar 5/16 ons. Cocok sekali untuk kita pakai mancing kasting di danau ataupun perairan tenang lainnya dengan target ikan gabus ataupun tomman. Pun juga masih bisa kita pakai untuk memburu predator lain misalnya ikan pacu (bawal). Kita tahu ikan pacu juga sering makan di permukaan saat mereka sedang sangat lapar.
Desain umpan dengan warna yang sangat apik dari lure ini akan semakin memperbesar kemungkinan strike yang kita terima. Tak percaya? Lihat saja gambar yang menunjukkan warna tubuh dan perut bawah “kodok” ini. Mirip dengan binatang sungguhan! Pilihan warna juga bermacam-macam sehingga kita bisa menyesuaikan dengan warna air di lokasi mancing kita saat itu. Namun yang sangat penting dari lure ini adalah bahwa lure “kodok” ini didesain secara khusus sehingga mampu menghasilkan ‘tarian’ yang saat memikat saat kita meretrieve reel. Dengan kombinasi sentakan pada joran dan kombinasi gulungan cepat-lambat pada reel kita ‘tarian’ lure ini akan semakin memikat dan variatif.
Jangan khawatir lure ini akan diacuhkan oleh predator air tawar karena lure ini benar-benar memiliki aksi yang sangat lengkap; bisa mengeluarkan splash, bubble, gerakan lenggak-lenggok, dan lain-lain.
 Megabass Griffon Zero CrankBait
Image
Megabass Type-X Frog Topwater Finesse Bait
Berikutnya adalah lure kasting jenis crankbait (lure menyelam serupa minnow namun gemuk dan pendek) yang oleh Megabass dinamakan Griffon Zero. Spesifikasi lure ini adalah panjang 45 mm atau sekitar 1.73 inchi dengan berat ¼ ons. Adalah umpan yang sangat efektif untuk memancing di perairan dangkal yang tenang dan sunyi. Griffon memiliki segala yang dibutuhkan untuk mancing kasting di perairan tenang yang sunyi seperti misalnya desain dan warna yang hampir mirip binatang sungguhan.
Griffon juga memiliki ruang berisi bola kecil di dalam perutnya yang berfungsi sebagai sumber bunyi untuk menggoda predator. Seiring dengan gerakan umpan saat pemancing melakukan retrieve, maka bola kecil di dalam perut umpan akan berputar dan mengeluarkan bunyi. Predator yang malas, tertidur dan acuh biasanya akan tergoda untuk menyambarnya. Treble hook yang dipasang di Griffon adalah treble hook khusus model wide gate/gap (lengkungan pancing yang lebar untuk mempermudah hooking). Griffon bisa ‘menari’ di air mulai dari style dogwalking (walk the dog) hingga shallow diving. Crankbait ini juga mampu menghasilkan splash yang besar sehingga semakin memperbesar kemungkinan strike yang didapatkan pemancing.
Megabass Pop-X Topwater Popper dan Splasher
Image
Megabass Pop-X Topwater Popper dan Splasher
Lure permukaan untuk memancing di perairan tawar, payau dan kasting di pantai ini pertama kali dirilis oleh Megabass pada tahun 1996. Karena meraih reputasi yangs angat baik hingga hari ini terus laku keras. Lure ini memiliki panjang 65 mm atau setara 2.5 inchi dengan berat ¼ ons. Menurut berbagai situs kasting di Jepang dan Amerika Utara lure ini termasuk yang memiliki dominasi kuat terhadap pangsa pasar lure kasting karena memang terbukti sangat ampuh. Dengan desain khusus yang disebut Megabass Side Stepping Balance System popper ini mampu mengeluarkan splash dan juga gerakan walk the dog memutar yang memikat.
Warna umpan dan kualitas coating tak perlu diragukan lagi karena Pop-X sangat sempurna penampilannya. Ditambah dengan dua buah treble hook super tajam Pop-X menjelma menjadi sebuah popper yang mematikan. Keunikan lain di Po-X adalah lekukan dis ekitar bagian insang popper. Ini menciptakan bunyi dan karakter splash yang sangat khas sehingga semakin memperbesar kemungkinan strike dari predator.
 Megabass Giant Dog-X
Image
Megabass Giant Dog-X
Terakhir adalah Megabass Giant Dog-X. Memiliki panjang 98 mm atau setara dengan 3.9 inchi dengan berat umpan 13.9 gram. Aksi Giant Dox-X sangat khas yang disebut dengan roll-walk. Yakni gerakan walk the dog yang dengan gerakan berputar/berguling di dalam air. Ini sangat efektif untuk menggoda predator di perairan payau dan di pinggiran pantai. Untuk memancing di perairan tawar masih mungkin dengan catatan spesies syang ada di lokasi freshwater tersebut besar-besar ukurannya.
 Beragam umpan kasting tersebut hanya ada di Toko Pancing WBW di Jalan Gunung Sahari Jakarta (021-6398254). Jangan sampai kehabisan!(Michael Risdianto/MancingOnline.Com)

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Search

Memuat...

IKLAN

CLOCK

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

PLEASE TRANSLATE HERE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : AFC

VISITOR

VISITOR FLAG

free counters

Total Tayangan Laman

© 2010 AFRI COLLECTION Blog Pemancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls