Ikan Hiu Ternyata Buta Warna

Selasa, 28 Juni 2011


Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ikan hiu kemungkinan tidak bisa membedakan warna. Para peneliti dari University of Western Australia (UWA), yang dikomandoi Dr. Nathan Scott Hart melakukan penelitian dengan menggunakan teknik yang disebut ‘micro-spectrophotometry’, memperhatikan sel retina 17 spesies ikan hiu yang ditangkap di lepas pantai Queensland dan Australia Barat.
Pada semua 17 spesies, para peneliti tersebut mendapati, jenis paling umum reseptor cahaya adalah sel ‘batang’, yang sangat sensitif terhadap cahaya dan dan memungkinkan pandangan pada malam hari, tapi tak bisa mengurai warna. Tapi ikan hiu kekurangan sel ‘cone’, yang bereaksi secara individu terhadap cahaya pada gelombang panjang khusus. Pada 10 dari ke-17 spesies ikan hiu, tak ditemukan sel ‘cone’ itu sama sekali. Sel ‘cone’ ditemukan pada tujuh spesies lain, tapi semuanya cuma satu jenis, dan sensitif pada gelombang panjang sekitar 530 nanometer, yaitu hijau.
Selain menemukan bahwa ikan hiu buta warna, para peneliti juga menyimpulkan bahwa mata ikan hiu mampu beradaptasi dengan baik pada sumber cahaya.
“Temuan ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada kita untuk mencegah terjadinya serangan ikan hiu di laut,” kata Hart.
Profesor Hart mengatakan bahwa ikan hiu hanya tertarik pada warna-warna cerah, oleh karena itu peralatan menyelam sebaiknya jangan yang berwarna cerah.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu mencegah serangan ikan hiu terhadap manusia dan mengembangkan alat pemancing yang dapat mengurangi tertangkapnya ikan hiu secara tak sengaja oleh kapal pukat jarak jauh.
Penemuan ini diterbitkan di jurnal internasional The Science Of Nature.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Search

Memuat...

IKLAN

CLOCK

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

PLEASE TRANSLATE HERE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : AFC

VISITOR

VISITOR FLAG

free counters

Total Tayangan Laman

© 2010 AFRI COLLECTION Blog Pemancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls