Bos-bos dan Rekan mania,saya mau sharing pengalaman mancing galatama di yogya.

Penasaran mancing di kolam galatama p.Kebo, Babarsari, minggu tgl 14/12 kemarin datang lagi kesana untuk ikut lomba galatama ala Yogya.
Sebelumnya hari Sabtu,cari joran bambu ala Yogya,dapat satu biji panjang 145 cm......pamor bambunya sedang2 saja tapi bambunya tua, stand 1 ujung graphite merk E........Y kekuatan 15 lb.
Karena harus merayu cucu,maka berangkat sdh jam 14.15 padahal mulainya jam 14.00............... Sampai dipemancingan lapak penuh,terpaksa nunggu ronde ke 2 dan jamnya ternyata maju 30 mn jam 16.30 - 19.30.
Atas saran seorang teman saya beli ikan mas 1,5 kg dikolam sebelah (milik P.Tolo) kakaknya pak Kebo,saya minta tolong stafnya p.Kebo untuk merebusnya. Karena pada saat mancing dimulai umpan daging ikan belum siap, maka saya beli satu bungkus pelet tabur dan nyomot kapas dipanitya.
Saya kaitkan kapas dipancing dan saya tabur pelet ke kolam dan mulai mancing.......tunggu sampai 15 mn kok engga narik......akhirnya teman bilang kapasnya kebesaran........saya ganti kapas hanya sebesar pelet....... kira2 lima menit strike dan ngangkat 1 ekor.........ternyata ngangkat ikan dengan tangan kiri sekaligus melepas kail dengan tangan kanan tidak semudah yang saya lihat seperti para mania yang mancing disitu.
Lempar lagi......... strike lagi.......terpaksa cari serok dan kena.....
Kira2 jam 18.00 umpan ikan sudah siap,dibantu oleh staf P.Kebo ikan dikupas kulitnya dan hanya diambil dagingnya,daging di remas/diaduk dan pancing disisirkan ke daging ikan yang dipegang antara jari telunjuk dengan ibu jari....... pertama lepas.....sampai kira2 6-7 kali belum berhasil.......lama2 tahu juga cara nyisirnya dan daging ikan terkait kuat dipancing (pancing hanya satu biji no. 7).
Siram dengan air yang berisi sisa daging,insang,kepala dll kedalam kolam dan lempar kail kespot tadi........ tidak lama strike........kembali kesulitan ngangkat ikan tanpa bantuan orang lain....he..he..kebiasaan di GT jkt. akhirnya 2- 4 kali senar putus pada waktu angkat ikan........maklum beli senar dia 0.16 mm harga 16 kilo.......ternyata engga kuat.
Akhirnya sampai akhir lomba ngangkat 6 ekor dan mocel/putus kira 4 ekor.........lumayan.
Untungnya teman saya dapat juara babon 1 dan 2 tapi total kalah sama P.Kebo yang ikutan mancing,padahal ngangkat terus ........ ternyata korang teman saya bolong sehingga banyak ikan yang lari masuk kembali kekolam.

Kata kuncinya mancing GT di kolam P.Kebo umpan sangat simple...... kuncinya pada umpan bom / tabur untuk mengumpulkan ikan, pakai kapas, sandal jepit, nasi, daging ikan,pelet,.......sama dapatnya tinggal teknik dan mungkin hokinya.........he...he....he......salam mancreng.