SURF ROD


Saya seringsekali ditanya mengenai preferensi saya dalam memilih joran untuk surfcasting. Pertanyaan seperti ini agak sulit untuk dijawab secara kongkrit karena sebagian besar sangat tergantung kepada gaya mancing yang anda sukai, peralatan yang anda punya dan lokasi dimana anda sering mancing. Saya akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan sekitar surfcasting dalam tulisan ini, disertai dengan kesimpulan-kesimpulan yang saya harap dapat membantu anda untuk memilih joran surf yang handal.


Pertanyaan yang sering seakali diajukan kepada saya ialah berapa panjang joran surf yang ideal. Secara umum dapat saya katakan bahwa joran surf 10 feet (kira2 3meter) cukup kapabel untuk menangani berbagai kondisi dan situasi dalam kegiatan surfcasting. Ini adalah preferensi pribadi saya. Aspek penting dalam geometri joran adalah ukuran panjang rod. Sangat adil kalau dikatakan bahwa semakin panjang joran, semakin jauh casting yang dapat dilakukan, namun dengan extra panjang untuk joran yang berukuran 11 feet sampai dengan 12 feet, kerugiannya adalah semakin berat joran tersebut. Melempar sejauh 100 yard memang suatu hal yang gampang kalau cuma dilakukan sekali saja, tapi melempar sejauh lebih dari 100 yard secara konsisten selama 6 jam adalah hal yang lain. Kekurangan dari joran yang berukuran extra panjang (lebih dari 10 feet) adalah mengorbankan tingkat keakuratan lemparan. Untuk sebagian besar kegiatan mancing saya, joran ukuran 11 feet hanya digunakan kalau ada storm tide (badai gelombang pasang), dimana saya membutuh joran extra panjang dan tenaga untuk melawan kekuatan angin dari arah depan yang melebihi 20 knot perjam.


Sebaliknya, joran surfcasting yang kurang dari 9 feet, sangat tidak berguna untuk surfcasting. Pengalaman saya menunjukkan bahwa joran ringan hanya cocok untuk spring fish atau kawanan tongkol dan gembung, tetapi akan terlalu sulit untuk menaikkan ikan-ikan besar. Meskipun demikian saya tidak mengatakan bahwa anda tidak akan dapat memancing ikan besar dengan joran yang ringan. Joran yang ringan membutuhkan waktu yang lama untuk mengajar ikan sehingga kemungkinan ikan akan mati karena kehabisan energi sewaktu akan dilepaskan lagi sangat besar.


Disamping itu kemampuan casting untuk anda melewati jarak melebihi 75 yard dengan joran pendek sangat terbatas. Joran pendek biasanya digunakan untuk mancing ikan-ikan yang berada didekat bibir pantai, atau anda harus ngoyor kalo mau mancing agak jauh ketengah. Tingkat akurasi akan sangat baik pada joran berukuran pendek, namun anda harus menggunakan ukuran reel yang kecil dan kenur yang berukuran ringan agar cocok dengan pasangan joran anda.


Kiranya sampai disini dulu, posting selanjutnya (kalo ada waktu dan cendol ijo) akan kita bahas pada masalah pemilihan bahan, glass atau graphite, spinning atau baitcasting, konstruksi, guide, grips, one piece or two pieces, custom made or on the shelve and last but not least adalah budget yang tersedia.

Sebelum lanjut, ketopik berikutnya, saya yang masih sangat cetek dalam pengalaman mancing mau jeda dulu untuk memberikan kesempatan para dosen junior, dosen senior dan professor emeritus dibidang mancing,..untuk berdiskusi dan saling bertukar pikiran dan pendapat mengenai topik ini.
Salam,