SENAR BRAIDED

Jumat, 17 Desember 2010

Karakteristik braid ini adalah kenur yang amat kuat, hampir tidak mulur sama sekali saat di tarik, dan memiliki diameter yang amat kecil di banding dengan mono di kelas yang sama. Pada proses pembuatannya, Braid,melalui proses di jalin/anyam dari sekian puluh helai fiber menjadi 1 jalinan, dan jalinan2 itu kemudian di rajut lagi untuk membentuk kenur braid seutuhnya. Sebelum Nylon di temukan, Dacron telah mengeluarkan braided, dan menjadi kenur yang paling luas penggunaanya saat itu. Karakteristik braid Dacron saat itu adalah tidak tahan gesek, kekuatan simpulnya lemah, diameternya besar, dan tidak mulur. Saat ini, penggunaan Dacron sebagai tali pancing telah menyusut secara drastis, kecuali mungkin untuk para penggemar fanatiknya.
Para pemancing yang memakai pada tahap2 awal keberadaan braid ini merasakan kekecewaan karena rendahnya kekuatan simpul yang di hasilkan juga karena warna yang buruk. Tapi semua kekurangan itu telah di perkecil dengan bantuan teknologi yang makin maju. Sekarang kita telah dengan mudah mendapatkan braided warna warni yang berguna untuk memperkirakan berapa meter kenur yang terulur, dan kekuatan simpul nya yang telah jauh di perbaiki.
Pada awal tahun 90an, Spectra, Kevlar dan Dyneema memasuki pasar kenur dunia, dan menciptakan kenur braided seperti yang kita kenal sekarang yang sering juga di sebut dengan PE (PolyEthylene). Kenur braid ini mengambang di air karena berat jenisnya hanya 0.97, lebih kecil dari berat jenis air yang sebesar 1.0. Kenur2 sintetis ini amatlah kuatnya menurut uji coba lab mencapai 10x kekuatan (tarik) baja!. Serabut2 fiber ini di jalin, atau di anyam, dengan pola tertentu yang amat memakan waktu pada saat pembuatannya. Hasilnya jelas.. segulung kenur yang amat tipis jika di bandingkan dengan kenur Mono dengan kekuatan yang sama, amat sensitif karena tidak bisa mulur sama sekali, dan relatif mahal.
Beragam jenis kenur braid yang ada di pasaran sekarang, dan mereka di bedakan dari cara perajutannya, pelapisan dan pewarnaannya. PowerPro, Spiderwire dan kebanyakan merk lain di rajut dengan 4 rajutan. Setiap rajutan terdiri dari beberapa puluh (50?) helai fiber yang amat halus. Ada juga beberapa merk yang malah menggunakan 8 bahkan 16 rajutan. Jelas, 8 dan 16 rajutan harganya lebih mahal daripada yang hanya 4 rajutan saja. Sebagai gambaran saja, Blackwater SuperBraid (16 rajutan) 1200y 50lb di jual seharga 889 dollar dibanding dengan sekitar 250 dollar untuk kelas dan panjang yang sama dari braided dengan 4 rajutan.
Kenur2 braided ini lalu ada yang di beri pelapis agar lebih tahan gesekan. Sebagai contoh, Ripcord Si dilapisi dengan silicon tipis, sedangkan Ripcord dan Spiderwire tidak dilapisi apa2. Sedangkan untuk pewarnaan, ada banyak braid yang hanya 1 warna saja, juga ada kenur braid dengan 5 atau 6 macam warna setiap 10-20 meter. Ini amat berguna untuk mengetahui berapa meter kenur yang telah keluar dari reel.
Seperti dituliskan diatas, karakter khas braid yaitu nyaris tidak mulur sama sekali. Kemampuannya ini memberikan keuntungan bagi pemancing: mereka dapat mendeteksi getaran halus di kenurnya, sekaligus meningkatkan persentase umpan terkait dengan sempurna. Keuntungan lain dari kenur ini adalah kekuatan ikatan simpulnya yang kuat. Efek ‘memory’ pada kenur superlines ini juga lebih kecil jika di bandingkan dengan kenur mono biasa.
Kelemahan kenur braid ini adalah sifatnya yang menyerap air dan harganya yang mahal, berlipat-lipat dari harga mono biasa.
Kapan kita menggunakan braided?
- Karena diameternya yang kecil, reel bisa di isi jauh lebih banyak kenur, maka pemancing yang sering beraksi di laut dalam dan mengharapkan di tarik ikan yang besar, biasanya menggunakan kenur Braid.
- Jika anda, sebutlah, terpaksa harus sering mengganti kenur karena cacat setelah di gunakan (sering tergesek karang atau lainnya), maka dalam kasus ini kenur Braided bisa menggantikan mono.
- Karena sifatnya yang nyaris tidak mulur, maka sentuhan ringan pada umpan anda akan langsung terasa kejoran anda. Tapi harus pula di ingat, sensitifitas ini seperti pisau bermata dua. Jika anda memancing di tempat di mana diperkirakan banyak ikan besarnya, maka penggunaan braid harus di kombinasikan dengan shock leader, yang akan mengurangi kemungkinan patahnya joran saat di gentak ikan besar.
Ada beberapa hal yang perlu diingat jika kita menggunakan Braid adalah :
- Joran kita haruslah yang menggunakan minimal kolongan / guide Fuji.
- Jangan pernah menarik kenur dengan joran saat tersangkut. Gulung tangan dengan kain sebelum mengikatkan’ kenur ke tangan untuk menariknya sampai lepas, atau putus.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Search

Memuat...

IKLAN

CLOCK

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Blog Archive

PLEASE TRANSLATE HERE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : AFC

VISITOR

VISITOR FLAG

free counters

Total Tayangan Laman

© 2010 AFRI COLLECTION Blog Pemancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls