Tips Merawat Reel

Senin, 27 Desember 2010


Tips Merawat Reel
  • Jangan melepas spool dan merendamnya di air, karena air akan masuk ke mekanisme drag dan akan membuat drag jalan abnormal. waktu mencuci reel justru kencangkan drag agar air tidak masuk ke mekanisme drag. Drag di reel ada 2 tipe, drag kering dan drag basah, drag kering biasanya metal washer cuma 2-3 biji dan semua washernya mesti benar-benar kering dari apapun. kalau metal washernya lebih dari 3 biasanya menggunakan drag basah, artinya ada oli di washernya. nah ini jangan salah kaprah, drag kering dikasih oli akan jadi melorot tidak bisa ngerem dragnya, drag basah tidak dikasih oli, drag akan mengunci kalau dikerasin sedikit saja. nah.. drag-drag ini kalau kena air jadi tidak karuan jalannya.
  • Lubrikasi reel, ada 2 jenis lubricant yaitu grease dan oil, grease itu fat, kental seperti mentega, oil itu oli, bentuknya cair. Bagian-bagian mana dari reel yang menggunakan oil dan mana yang menggunakan grease? Semua bearing menggunakan oil bukan grease, semua gear menggunakan grease bukan oil. Khusus untuk mekanisme oneway roller bearing jangan sekali-sekali dikasih grease apalagi berlebihan, roller bearing ditahan oleh per yang kecil-kecil sekali, kira-kira 1/5 dari diameter per ballpoint dengan kelenturan yang tinggi, kalau per-per ini kena grease, suka macet dan rollernya tidak mau main, alhasil oneway roller suka tidak bekerja dan reel bisa terputar balik. Jangan kasih grease terlalu banyak di area pinion gear atau gigi nanas, bukannya reel jadi lancar malah jadi seret tidak karuan. Kasih grease secukupnya saja. Kasih perhatian sama line roller, itu mekanisme penggulung kenur di bail arm, orang suka lupa kalau disitu ada bearingnya juga.
  • Setiap beberapa kali trip, selalu buka mekanisme oneway bearing dengan melepas rotor terlebih dahulu, bagian ini sering terkumpul garam, walaupun reel selalu dicuci sewaktu habis mancing.

  • Tips untuk overhaul reel, bongkar semua bagian reel tanpa terkecuali. Ingat-ingat posisi semua part dengan mencatatnya atau letakkan di wadah-wadah plastik untuk masing-masing bagian. Jangan lupa posisinya, nanti tidak bisa balikin lagi repot jadinya. Biasanya dalam box reel ada exploded diagram (gambar bagian-bagian parts dari reel berikut nomer serinya), gunakan diagram ini. Cuci semua bagian reel dengan WD40, menggunakan kuas kecil untuk bagian-bagian yang sulit. Hilangkan semua bekas-bekas grease yang biasanya sudah berwarna coklat dan hitam. Kalau semua sudah bersih, pasang kembali dan berikan grease dan oli yang baru. Reel anda pasti jauh lebih halus suaranya.
  • Di stella, kalau rotornya dibuka, ada karet lingkaran warna crem bentuknya seperti seal, ini sebetulnya bukan seal, tapi berfungsi untuk menahan rotor waktu bail arm dibuka, coba rasakan, kalau bail arm dibuka rotor pasti jadi seret jalannya, karena ada semacam kait yang akan menempel di lingkaran karet seperti seal ini. Karet ini jangan dicuci menggunakan WD40, bisa melar tidak karuan.
  • Untuk ultegra keatas sampai dengan stella, jangan membuka worm shaft dengan membuka penahannya yang berada di belakang reel,  mekanisme ini bisa dicuci bersih menggunakan WD40 dan kuas tanpa harus dibongkar. kalau anda bongkar worm shaftnya, anda akan kesulitan memasangnya kembali.
Kalau anda tidak berani bongkar-bongkar reel sendiri, bawa saja ke dealer atau tukang servis. Yang jelas, reel semahal apapun tetap harus di overhaul sesekali waktu untuk memberi lubricant yang baru. Mobil saja setiap 2000-3000km ganti oli kan? Reel yang penampilannya mulus belum tentu jeroannya mulus juga.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Search

Memuat...

IKLAN

CLOCK

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Blog Archive

PLEASE TRANSLATE HERE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : AFC

VISITOR

VISITOR FLAG

free counters

Total Tayangan Laman

© 2010 AFRI COLLECTION Blog Pemancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls