Tentang Si "BARONANG"

Senin, 27 Desember 2010

Tips & Trick mancing baronang

Dari kumpulan beberapa suhu baronang nih ( semoga berguna )

Pemilihan spot

jika anda ingin memancing baronang ada beberapa cara mencari spot yg strategis untuk mancing baronang :

1. Dermaga, biasanya garonang senang bersembunyi di dekat tiang tiang dermaga
2. Rumpon kerang Hijau , baronang sangat menyukai kerang
3. Sekitar karang atau batrean atau pemecah ombak ( terutama yg banyak lumut )
4. Kapal karam

Kondisi Air

Baronang sangat menyukai air yg sedikit gelap , tetapi bukan kotor dan mereka cenderung bersembunyi di sela sela karang

Umpan

Bemacam teori tentang umpan baronang , ada yang suka pake lumut , ada yang lebih suka pake nasi dan malah ada yg pake ketan malah banyak juga yg pake bakwan or lontong

semuanya sebenarnya bisa dipake karena baronang termasuk ikan rakus tapi sebelum menentukan umpan yg efektiv sebaiknya lihat spotnya dulu

apabila anda mancing di sekitar batrean lebih baik pakai umpan lumut ... nah karena sekitar itu banyak lumut .. yg merupakan habitat baronang tersebut

untuk di dermaga lebih baik pakai nasi , bakwan ataupun lontong ... biasanya banyak kapal membuang sisa makanan di dekat dermaga .. maka nasi lebih efektiv ketimbang lumut

Untuk mancing disekitar Bagan kerang hijau .. pakailah umpan kerang hijau , karena baronang disekitar bagan tersebut lebih galak ... pake kerang hijau

Peralatan wajib mancing baronang :

1. Tegeg ( sebaiknya panjang antara 4,5 - 6 meter )
2. Pelampung ( ada ufo , diamond dan bola ... tergantung selera )
3. Kenur ( 8 - 12 lbs )
4. Garong ( tergantung selera mau ukuran kecil atau besar )

JENIS-JENIS BARONANG YG SERING TERPANCING

Baronang (Rabbit Fish) tergolong ikan herbivora, meski demikian ia tdk menolak bila disodorkan udang rebon, nasi, kue pisang dll. Ikan baronang biasanya bergerombol di dkt bebatuan, karang atau di tiang2 dermaga/ bagan, sambil menggerogoti lumut atau teritip.

Anatomi tubuhnya pipih berwarna kecoklatan atau kuning dan di sirip punggung dan sirip bawahnya terdapat bisa yang dpt menyebabkan rasa nyeri, tetapi rasa nyeri itu akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 1 -2 jam. Biasanya ada juga pemancing yang memberi minyak tawon atau balsem utk mengurangi rasa sakitnya.

Berikut ini saya lampirkan beberapa jenis baronang yang sering terpancing di kawasan Kepulauan Seribu, Pelabuhan Ratu dan Merak:

1. Baronang Tompel / Siganus guttatus
Tubuhnya pipih dan agak lebar, bertotol-totol dengan satu tompel yang agak besar berwarna kuning di punggung belakang. Perlawanannya nya cukup kuat sehingga banyak pemancing yg menyukainya. Umpan kegemarannya lumut, pisang, nasi atau pelet yg sdh dilumatkan. Panjang maksimumnya 35 cm

2. Baronang Kalung / Siganus doliatus
Disebut juga Kea-Kea karena di lehernya memang terdapat garis hitam yang menyilang sehingga tampak bagaikan mengenakan kalung. Dan di tubuhnya juga terdapat rona warna kuning dan putih, panjangnya maksimum 30 cm dan menyukai lumut.

3. Baronang Angin / Siganus javus
Tubuhnya menyerupai baronang tompel tetapi agak lebih panjang dan bermotif bintik2 di punggung atas dan garis terputus-putus di bagian bawah. Ikan ini bisa mencapai panjang 45 cm dan menyukai umpan lumut serta senang bermain di pertengahan dan di permukaan laut.

4. Baronang Batik / Siganus vermiculatus
Bentuknya mirip dengan baronang tompel, tetapi motifnya badannya seperti batik dan dapat mencapai panjang 45 cm. Umpan yang disukai lumut, pisang, nasi atau pelet lumat.

5. Baronang Lada / Siganus chrysospilos
Tubuhnya dipenuhi bintik-bintik sebesar lada. Panjangnya bisa mencapai 40 cm dan menyukai umpan lumut. Ikan ini banyak terdapat di sekitar Merak/Bakauheuni.

6. Baronang Susu / Siganus fuscescens
Tubuhnya agak panjang tetapi tidak lebar seperti baronang tompel atau lada. Motifnya agak polos dengan bintik-bintik yang samar dan tidak sebanyak baronang lada. Dinamakan baronang susu karena kalau dipencet badannya akan keluar seperti cairan susu di perut bagian bawah nya. Umpan yang disukai adalah lumut, nasi dan pisang. Ikan ini paling
banyak sering dijumpai di Kepulaun Seribu dan pantai2 di Jakarta.

Demikian artikel kali ini yang dapat saya kirimkan kepada Baronang Mania. Semoga dilain kesempatan mancing baronang sudah dapat untuk mengidentifikasikannya.

Cerita pemancing 1


Salam Baronang Mania.

Aneh ya, begitu banyak ikan di laut tapi kok kita2 fokus hanya di mancing baronang. Hal ini pun saya alami sendiri dulunya. Awalnya di Muara Baru saya melihat Baronang Mania yg duduk santai di atas kerendeng, nyentak joran tegek lalu ujung jorannya langsung melengkung beberapa ruas di- permainkan baronang yg ternyata cuma tompel 5 jarian. Tapi itu asyik seru bukan main, karena disitu Baronang Mania harus menahan joran tegeknya yg diajak bermain ke kiri dan ke kanan sebelum akhirnya baronang dapat diangkat. Selain itu juga saya melihat perlengkapan yang dibawanya cukup simpel yaitu cuma joran tegek dan kerendeng untuk tempat ikan, tempat duduk juga dijadikan tempat menyimpan kenur, pelampung, timah dan garongan. Untuk umpannya lebih hemat lagi, cuma kerokin lumut di tembok batere atau batu, sudah jadi. Makanya dari hal- hal itulah akhirnya saya jadi "fall in love" mancing baronang.

Untuk itu kali ini saya akan coba membahas mengenai alat2 & teknik2 mancing baronang yang biasa dipakai oleh Baronang Mania selama ini. Seperti: Joran, Pelampung, Kenur, Umpan, Rangkaian pancing dan Lokasi.
Semoga artikel ini dapat berguna untuk para New Baronang Mania.

1. JORAN.

Biasa Baronang Mania nyebutnya "tegek". Panjangnya biasa 4,5 - 5,5 m model antena tidak ada kolongan cincin, dudukan ril dan terdiri dari 7 - 8 ruas. Ada yang ruasnya panjang ada juga yang ruas pendek. Sebaiknya pilih joran yg lentur hanya pada 2 - 3 ruas dari ujungnya saja jangan keseluruhan batang jorannya lentur. Karena kalau terlalu lentur akan menyebabkan ikan mudah lolos dari sambaran pancing garong. Sebaliknya jika terlalu kaku kenur sering putus disimpulnya saat joran disentak.

Bahan dasar joran tegek ini bermacam-macam. Ada yang terbuat dari grafit, carbon, ataupun campuran dari keduanya. Malah katanya ada yang dari kevlar.

Karakteristik joran yang terbuat dari grafit umumnya kuat tapi berat & kaku kurang lentur, sehingga membuat tangan cepat lelah. Reaksinya terhadap sentakan juga terlalu berlebihan sehingga kenur sering menjadi korban.

Lain halnya joran yang terbuat dari carbon umumnya ringan tapi biasa tidak begitu kuat dan sangat lentur, sehingga reaksi sentakan menjadi sangat lamban. Ini akan merugikan karena pancing garong akan selalu terlambat menyergap mulut baronang. Jika sampai terpancing, ikan baronang pasti akan sulit diatasi agar tidak lari bersembunyi atau lepas karena pancing garong tidak menancap sempurna.

Joran tegek yang ideal untuk mancing baronang seharusnya hanya lentur di bagian ujung 1 - 3 ruas saja ( tergantung type ruas joran). Joran tersebut adalah campuran yang ujung 1 - 3 ruasnya terbuat dari carbon dan sisa ruas sampai ke pangkal terbuat dari grafit. Sehingga joran semacam ini bobotnya mantap tapi reaksi saat mendapat gaya sentakan secara tiba-tiba pun bisa cepat.

Sebelum membeli joran tegek pastikan untuk menguji reaksi jorannya terlebih dahulu. Tarik seluruh ruas joran hingga maksimum lalu coba sentakkan joran dengan mengayunkan pergelangan tangan. Idealnya seketika itu pula joran ikut naik, bukannya merunduk dulu baru naik.

Pemilihan panjang joran tegek biasanya disesuaikan dengan kedalaman dan lokasi pemancingannya. Tapi umumnya Baronang Mania gunakan panjang 4,5 - 5,5 m saja. Sedangkan joran yang panjangnya lebih dari 5,5 m hanya cocok digunakan pada tubiran sejauh 4 - 5 m kedepan dan sembari ngoyor (berendam).

Merek-merek yang biasa ada di pasaran dgn harga cukup terjangkau dan cukup baik kualitasnya adalah: Golden Fish, Daiwa, Sunlit Horse, Shimano, Golden Eagle dan Silstar.

Akhir kata joran tegek akan tetap berfungsi dengan baik apabila kita dapat merawatnya dengan cara, rutin membilasnya dengan air tawar sehabis dipakai mancing dan dilap kering serta hindarkan dari jatuh atau tertindih benda berat.




Cerita Pemancing 2


Salam Baronang Mania.

Terima kasih atas atensi yg diberikan kpd kami selama ini pd BARONANG MANIA CENTRE. Kami berharap pd artikel kali ini yg akan mengulas masalah "Pelampung" dpt memberikan sumbangan kpd seluruh Baronang Mania di manapun berada.

Pertama yg hrs dipahami adalah cara khas baronang memakan umpan nya. Tidak seperti ikan2 lain yg melahap atau menyambar umpannya, baronang makan dgn cara menggerogoti sambil juga menekan umpannya yaitu lumut. Jadi seperti cara makannya seekor kelinci. Sehingga peranan sebuah pelampung disini sangat penting.

Itulah sebabnya kenapa Baronang Mania selalu menggunakan pelampung dlm setiap aksinya. Pelampung yg digunakan dpt dibedakan menjadi 2 type. Yaitu "Pelampung Gantung" dan "Pelampung Celep". Adapun bentuknya ada berbagai macam dan warnanya cukup meriah. Ada yang berbentuk oval telur, bundar bola, kerucut gasing dan masih banyak lainnya. Bahan pembuatannya ada yg dari karet, kayu atau sejenis gabus. Dan biasanya harga ditentukan dr kualitas bahan dan juga corak pewarnaannya, harga mulai dr yg cuma Rp 2.000 sampai dgn Rp 20.000 per bijinya. Selanjutnya saya akan menjelaskan satu persatu apa dan bagaimana pelampung2 tersebut.

1. Pelampung Gantung.

Pelampung gantung dipasang tergantung di atas permukaan air laut dan sama sekali tdk menyentuh air laut. Diameternya biasanya cuma 1 - 2 cm saja. Pelampung ini tergantung 10 -15 cm di atas permukaan, karena jika lebih rendah akan sering terhempas ombak sementara jika lebih tinggi akan sukar dipantau karena tiupan angin. Sehingga hal2 itu akan mengganggu konsentrasi pandangan pada getaran pelampung yang di timbulkan oleh dimakannya umpan oleh baronang. Selain menjadi detektor umpan dimakan baronang, posisi pelampung gantung juga dapat untuk menentukan seberapa dalam umpan ingin diturunkan di dalam air sesuai dengan kedalaman baronang yg sedang bermain. Baronang Mania yg mancingnya di batere dan dermaga biasanya lebih suka menggunakan pelampung gantung sebagai perlengkapannya.

2. Pelampung Celep.

Pelampung jenis ini dalam pemakaiannya dibiarkan terapung-apung di permukaan air. Cara kerjanya pelampung ini akan segera timbul tenggelam begitu umpan ditekan oleh mulut baronang yang sedang menggerogoti umpan lumut. Ukurannya lebih besar dari pelampung gantung dan berdiameter 2 - 3 cm. Biasanya berbentuk oval telur atau bundar bola. Pelampung ini selain sebagai detektor juga untuk menjaga agar umpan tdk kandas sampai ke dasar laut. Pelampung celup biasanya dipakai Baronang Mania yg gemar mancing ngoyor. Karena cara ini tidak akan membuat tangan cepat pegal dan lebih santai, tinggal menunggu pelampungnya tersedot ke dalam air.

Nah sekarang setelah tahu perbedaan bentuk dan pemakaian pelampung baronang, kini giliran bagaimana cara membaca getaran pelampung tsb. Untuk memberi gambaran bentuk getaran pelampung, coba bayangkan saja seekor kelinci yang sedang mengerat makanannya (ingat karena baronang juga disebut rabbit fish). Pelampung tsb akan bergetar sangat cepat namun halus, dengan arak gerakan vertikal. Atau cara lain, coba gantung pelampung setinggi 10 - 15 cm di atas lantai, lalu ketuk2 pangkal joran tegek dengan cepat namun jangan terlalu keras. Pelampung akan bergetar cepat sesuai dgn ritme ketukan. Persis seperti itulah yg terjadi bila umpan disantap baronang. Cobalah berkali-kali sampai anda yakin dan ingat akan getaran pelampung termasuk saat angin bertiup maupun ombak tinggi.

Sedangkan utk membedakan getar pelampung karena dimakan ikan atau karena ombak/angin, mudah saja. Angin dan ombak akan menggerakkan pelampung secara horisontal atau mirip berupa ayunan, bukan getaran halus yg bergerak vertikal secara bertubi-tubi.

Hal lain yg membuat peranan pelampung menjadi tdk berarti yaitu ketika umpan sedang melayang turun, rombongan baronang sudah langsung menyergapnya. Sehingga ketika kenur sudah dalam posisi lurus umpan sudah terlanjur gundul atau habis. Kalau kejadiannya begini, otomatis pelampung pasti tidak akan pernah kunjung bergetar. Solusinya adalah senantiasa memperhatikan gerakan kenur yang ada di bawah pelampung saat umpan di tenggelamkan. Umpan yang diserbu kawanan baronang pada saat sedang melayang turun umumnya akan menyebab kan kenur terlihat bergerak-gerak gesit dan tenggelam lebih cepat. Jika kejadiannya seperti itu langsung saja sentakkan joran tanpa menunggu kenur menjadi tegang atau pelampung bergetar.

Memang pada awal2 nya Baronang Mania akan mengalami kesulitan, tetapi kalau tidak dicoba bagaimana dapat menguasainya dan menikmati asyiknya mancing baronang. Untuk itulah disini Baronang Mania dituntut memiliki insting yang tajam dan respon yang cepat.
 
Cerita Pemancing 3
Salam Baronang Mania dimanapun berada.

Untuk artikel terakhir ttg teknik mancing baronang, saya akan mengulas masalah kenur, umpan & rangkaian pancing. Semoga dr artikel2 singkat ini dpt memberikan pengalaman baru seni nikmatnya mancing baronang.

Bicara ttg kenur, Baronang Mania biasa menggunakan kenur yg tdk berwarna (transparan) dgn ukuran 6 lbs hingga 14 lbs. Tapi jangan lupa juga perhatikan ukuran diameternya. Cari kenur yg diameternya terkecil ttp mempunyai ukuran lbsnya terbesar sesuai kebutuhan . Misalnya diameter 0,285 tapi ukuran 14 lbs. Selain itu penggunaan kenur utk mancing baronang cukup hemat, cuma 3 - 5 m yg disesuaikan dgn ke dalaman lokasi. Sebab penggunaan kenur yg terlalu panjang malah memperbesar kemungkinan pancing tersangkut batu/karang di dasar laut dan kitapun akan sulit utk menaikkan baronang yg didapat.

Umpan yg umum dipakai adalah lumut pantai berwarna hijau atau merah kecoklatan yg tumbuh di bebatuan/batere di tepi pantai. Untuk umpan alternatif lainnya dpt digunakan ubi, pisang, uli ketan, nasi/pelet yg tlh dilumatkan dsb. Utk umpan lumut harus dipasang tepat di atas pancing garong yg ukuran 5 - 7. Sedangkan dgn nasi/pelet lumat hrs membungkus keseluruhan ujung pancing garong yg ukuran 8 -9.


Selanjutnya mengenai merangkai pancingnya, mula2 ikat kenur ke tali ujung joran, kemudian tarik ruas2 joran tegek seoptimal mungkin. Utk tali ujung joran ada 2 macam yg biasa digunakan, yaitu model tali tunggal dan lingkaran. Utk tali ujung joran ada dijual di toko2 pancing dan warnanya merah. Cara mengikat kenur di tali ujung joran usahakan model jerat/lasso agar sewaktu2 dpt dibuka/ganti kalau kepanjangan atau kependekan. Jangan lupa masukan pelampung lebih dulu sblm memasang pancing garongnya. Tarik pelampung ke atas dgn gencet lubangnya dgn potongan bambu kecil agar pelampung tdk bergerak2. Baru kemudian loloskan ujung kenur ke lubang pancing dan lewatkan 15 - 20 cm, ikat ujung kenurnya ke kenur lainnya hingga terbentuk suatu kenur ganda dimana pancing garong ada di dlmnya dan dpt bergeser2. Lilitan timah lembaran kecil pd kenur ganda, usahakan lilitan timahnya dpt digeser2 naik turun yg gunanya utk menggencet lumut yg diletakkan di sela2 kenur ganda tepat di atas lubang pancing garongnya.

Usahakan pelampung terpasang sekitar 15 cm diatas permukaan air, tapi bila menggunakan pelampung besar/celep biarkan terapung di permukaan air spt mancing ikan mas. Selanjutnya tunggu sejenak, bia baronangnya ada, pasti akan menyerbu umpannya dgn cara yg khas spt kelinci makan. Dan pelampungnya akan bergetar halus dgn irama cepat yg kadang sampai terasa di tangan. Jangan buang waktu, cepatlah sentakkan ujung joran. Dan selanjutnya nikmatilah saat2 joran tegek anda melengkung dalam2 dan kenur berdenting akibat perlawanan baronang yg panik. Tak ada salahnya jika sesekali anda menaburkan nasi utk menjaga agar baronang selalu berkumpul. Selamat mancing baronang.  

Budidaya Ikan Baronang

Dalam PJPT II, sub sektor perikanan semakin dituntut dalam mencukupi
kebutuhan protein hewani dari ikan. Selama ini produksi perikanan laut
sebagian besar masih tergantung dari hasil pemungutan/penangkapan dari
alam yang produksinya semakin menurun, dilain pihak dengan meningkatnya
laju pertumbuhan penduduk kebutuhan protein akan terus meningkat setiap
tahun. Oleh karena itu produksi perikanan perlu digali dari 2 (dua) sumber yaitu
penangkapan dan budidaya.

Salah satu komoditi ikan laut yang potensial dan sudah dapat dibudidayakan
adalah ikan beronang (Siganus sp). Dari hasil penelitian ternyata komoditi
beronang mempunyai nilai yang menguntungkan sebagai berikut:

a. Ikan beronang merupakan makanan yang enak dan gurih dan disukai banyak
orang sehingga pemasaran ikan ini cukup baik.
b. Ikan ini
umumnya "primary herbivor" yaitu pemakan plankton nabati
tumbuhan dan juga memakan makanan buatan.
c. Selama musim-musim tertentu benih beronang dapat diperoleh dalam jumlah
banyak.
d. Ikan beronang mempunyai toleransi besar terhadap salinitas dan suhu.
e. Mempunyai daya adaptasi yang tinggi dan pertumbuhan yang cepat.
f. Ikan ini sudah dapat dipijahkan di dalam laboratorium sehingga prospek
pembenihan dari hatchery cukup baik.
g. Ikan beronang mempunyai harga pasar yang cukup tinggi baik untuk
konsumsi dalam maupun luar negeri, terutama yang ada telurnya selama
tahun baru cina.
h. Teknologi pembesaran ikan beronang sudah dikuasai.


Mengingat budidaya ikan beronang relatif baru dikenal masyarakat, maka
petunjuk teknis ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi yang berminat
melakukan usaha budidaya beronang.

2. BIOLOGI

1) Diskripsi dan Taksonomi
Ikan beronang dikenal oleh masyarakat dengan nama yang berbeda-beda
satu sama lain seperti di Pulau Sribu dinamakan kea-kea, di Jawa Tengah
dengan nama biawas dan nelayan-nelayan di Pulau Maluku menamakan
dengan sebutan samadar.

Ikan beronang termasuk famili Siginidae dengan tanda-tanda khusus sebagai
berikut D XIII, 10 A VII, 9, P2 I, 3, 1, tubuhnya membujur dan memipih latural,
dilindungi oleh sisik-sisik yang kecil, mulut kecil posisinya terminal.
Rahangnya dilengkapi dengan gigi-gigi kecil. Punggungnya dilengkapi oleh
sebuah duri yang tajam mengarah ke depan antara neural pertama dan
biasanya tertanam di bawah kulit. Duri-duri ini dilengkapi dengan kelenjar
bisa/racun pada ujungnya.

Secara lengkap taksonomi ikan beronang adalah sebagai berikut.
Kelas:
-Dada : Percipformes
-Sub dada : Acanthuroidei
-Famili : Siganidae
-Genus : Siganus
-Species : Siganus spp.

2) Kebiasaan Makanan
Sesuai dengan morfologi dari gigi dan saluran pencernaannya yaitu mulutnya
kecil, mempunyai gigi seri pada masing-masing rahang, gigi geraham
berkembang sempurna, dinding lambung agak tebal, usus halusnya panjang
dan mempunyai permukaan yang luas, ikan beronang termasuk pemakan
tumbuh-tumbuhan, tetapi kalau dibudidayakan ikan beronang mampu
memakan makanan apa saja yang diberikan seperti pakan buatan.

3) Penyebaran
Penyebaran ikan beronang ini cukup luas, tetapi penyebaran setiap species
sangat terbatas seperti yang terdapat di LON LIPI daerah penyebaran setiap
species sebagai berikut:


a. Siganus guttatus penyebarannya di :
Sumatera : Bengkulu, Padang Deli;
Jawa : P. Seribu, Cirebon, Balay, Surabaya;
Kalimantan : Balik Papan;
Sulawesi : Ujung Pandang, Bajo, Manado, Selayar;
Maluku : Seram, P. Obo, Ternate, Ambon, dsb.

b. Siganus canaculatus penyebarannya di :
Sumate ra : Padang;
Jawa : Ujung Kulon, Teluk Banten, P. Seribu;
Maluku : Ternate, Bacan.

c. Siganus vulpinus penyebarannya di :
Kalimantan : Birabirahan;
Sulawesi : Masalembo, Ujung Pandang, Manado;
Maluku : Ternate, Kajoa, Ambon, Seram;
Irian : Manokwari.

d. Siganus virgatus penyebarannya di :
Sumatera : Pariaman, Padang, Bangka, Belitung;
Jawa : P. Seribu, Bawean;
Kalimtan : Sundakan;
Sulawesi : Ujung Pandang, Bajo.

e. Siganus corallinus penyebarannya di :
Sumatera;
Jawa;
Nusa Tenggara;
Sulawesi;
Maluku.

f. Siganus chrysapilos penyebarannya di :
Jawa : P. Seribu;
Kalimantan : Sundakan;
Sulawesi : Ujung Pandang, Manado, Slayar;
Nusa Tenggara : Sumbawa;
Maluku : P. Obi, Roti, Ambon dan sekitarnya.

g. Siganus spinus penyebarannya di :
Sumatera : Bengkulu, Padang, Tapak Tuan;
Jawa : P. Serinu, Pacitan, Karang Bolong, Prigi;
Sulawesi : Ujung Pandang. Bajo, Manado;
Nusa Tenggara, Timor;
Bali;
Maluku dan sekitarnya.

h. Siganus vermiculatus penyebarannya di :
Sumatera : Bengkulu, Padang, Sibolga, Nias;
Jawa : P. Seribu, Semarang;
Kalimantan : Balik Papan dan Sundakan;
Sulawesi : Ujung Pandang, Bulukumba, Manado, Sangihe;
Maluku : Halmahera, Morotai, Ternate, Bacan, Ambon;
Nusa Tenggara, Timor.

i. Siganus puellus penyebarannya di :
Jawa : P. Seribu;
Sulawesi : Ujung Pandang;
Maluku dan sekitarnya.

j. Siganus javus penyebarannya di :
Sumatera : Deli, Sibolga, Bengkulu, Bangka, Belitung;
Jawa : Jakarta, Cirebon, Semarang, Jepara, Surabaya,
Pasuruan, madura;
Kalimantan : Stagen, Balik Papan;
Sulawesi : Ujung Pandang, Bajo.

k. Siganus lineatus penyebarannya di :
Maluku : Ternate, Morotai, Ambon dan sekitarnya.

1 komentar:

{ RIZAL } at: 10 April 2014 07.49 mengatakan...

info yang mantaap... salam baronang

Poskan Komentar

 

Search

Memuat...

IKLAN

CLOCK

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Blog Archive

PLEASE TRANSLATE HERE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : AFC

VISITOR

VISITOR FLAG

free counters

Total Tayangan Laman

© 2010 AFRI COLLECTION Blog Pemancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls