Trik memancing cumi dengan squid jig beraroma

Senin, 27 Desember 2010


kita semua sekarang ini merasakan sulitnya mendapat ikan.. dimana dalam keadaan situasi yang sudah berbeda dengan 10 tahun yang lalu, yang waktu itu ikan masih lebih mudah (bodoh??) dipancing.

maka bila ingin memancing dengan hasil yang ok, kita harus mencari spot yang jauh2 yang notabene tidak "sesuai" lagi dengan ongkos / biaya yang dikeluarkan oleh kantong "kita" dengan hasil pancingan.

salah satu solusinya peningkatan teknik dalam "menipu ikan" harus dikembangkan. bila tidak ingin boncos setiap tripnya. malu2in suhu kita aja boncos mulu..

tidak pula mutlak harus pakai umpan, joran, reel yang berkelas (mahal).. karena "seni" menipu ikan tidak boleh diabaikan.. (maklum ikan jaman sekarang udah "sekolah" sudah makin susah ditipu??!)

misal Baron yang hanya mondar-mandir nggak mau makan umpan.. ikan di dermaga sering ogah2an makan umpan.. mencium umpan.. lalu melengos pergi.. setau saya ikan tertarik dengan bentuk.. gerakan - getaran - bunyi - rasa - warna - bau..

saya mencoba salah satu yaitu bau.. saya lubangi jig squid saya dengan bor, baik jig squid yg dari resin maupun kayu semua bisa. setelah lubang kira2 5cm. bisa dilubangi di bagian punggung / perut jig tsb.. mata bor sesuaikan dengan ukuran jig.. lalu suntikan cairan berupa choya (essence Choya yang sering dipakai untuk campuran umpan pelet.. untuk mancing galatama/ kolam..) yang bau amis atau aroma udang - tuna dll.. suntikan bisa pakai alat untuk vaksinasi ayam atau suntikan refill tinta komputer lebih bagus! tanpa jarum suntik (ntar bawa2 jarum suntik dikira narkobais he..he..)

lalu setelah lubang berisi cairan choya di tutup dengan gabus filter rokok.
{action jig tidak terganggu amat ,karena kita hanya melubangi sedikit badan jig tsb dan lubang kecil tsb ditutup pakai bekas filter rokok yg dipotong dua (jangan bikin lubang segede filter rokok...he...he..) pakai mata bor yg kecil ajah...soal berat jig..... malah kadang2 kl arus agak kenceng didepan jig dikasih timah bolong kecil agar jig tidak melayang dekat permukaan ....idealnya melayang ditengah atau agak dasar....kecuali ada saat tertentu cumi naik dipermukaan .....}

sederhana dan mudah.. saya sudah coba hasilnya ada perbedaan. saya mendapatkan strike cumi lebih sering dari pemancing di kanan kiri saya.. dan cumi lebih mencengkeram jig jarang dilepaskan lagi / mocel..

kalau soal warna jig squid di P. Seribu dan P. Batam untuk cumi jarum / cumi semampar lebih tertarik warna merah atau orange baru warna biru.

rekan2 bisa mencoba untuk umpan popping? trolling? jigging? casting? barangkali.. karena ya itu tadi, ikan selain tertarik dengan gerakan, bentuk, warna, rasa, dan bau / aroma, bukan ikan fresh water saja yang perlu aroma macam2. tapi ikan salt water juga.

1 komentar:

{ My Article Of Life 1000 } at: 21 April 2014 pukul 02.26 mengatakan...

boleh juga tuh, mu coba deh nanti kalau msim cumi biasanya di daerah saya musim kemarau baru rame cumi

Posting Komentar

 

Search

IKLAN

CLOCK

MY GLOBE

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Blog Archive

PLEASE TRANSLATE HERE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : AFC

VISITOR

VISITOR FLAG

free counters

Total Tayangan Halaman

© 2010 AFRI COLLECTION Blog Pemancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls